PROMOSI KESEHATAN PADA IBU HAMIL

Promosi kesehatan pada ibu hamil bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi ibu hamil agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.Diharapkan dengan penyuluhan dan

informasi dari bidan bisa setiap ibu hamil dapat menjalani kehamilannya dengan tenang. Serta siap menghadapi persalinan.

Hal-hal yang perlu dipromosikan pada ibu hamil adalah sebagai berikut :

A. KEBUTUHAN NUTRISI IBU HAMIL

Selama kehamilan ibu membutuhkan tambahan asupan makanan untuk pertumbuhan janin dan pertahanan dirinya sendiri. Sebagai tenaga kesehatan sebaiknya melakukan upaya untuk mempromosikan tentang kebutuhan nutrisi ibu hamil tersebut.

Jenis-jenis makanan:

a. Makanan pokok :karbohidrat sebagai sumber energi

b. Makanan pembangun :protein untuk tumbang janin

c. Makanan pelengkap :vitamin dan mineral

d. Makanan penunjang :lemak

Tambahan gizi yang diperlukan ibu hamil adalah :

* *Protein : dari 6 gr/hari menjadi 10 gr/hari
* *Energi / kalori : yang dapat diperolieh dari karbohidrat dan lemak
* *Vitamin : sebagai pengatur dan pelindung

Penambahan tersebut diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin, persiapan persalinan dan untuk melakukan aktivitas. Penambahan ini pada trimester pertama belum diperlukan, tetapi pada trimester dua dan tiga dibutuhkan penambahan nutrisi karena terjadi pertumbuhan dan perkembangan janin yang cepat.

3 Jenis makanan yang penting setiap hari dikonsumsi ibu hamil :

· *Zat besi : Untuk mencegah anemia sehingga tidak akan terjadi BBLR, perdarahan,dll

· *Kalsium : Untuk pertumbuhan tulang

· *Yodium : Untuk mencegah pembesaran kelenjar gondok pada ibu, perkembangan lambat sehingga akan terjadi retardasi mental, cebol.

Perubahan yang perlu dipahami ibu hamil :

· Tahap I (2 minggu setelah konsumsi)

Gizi yang diperlukan seperti biasa harus terpenuhi, tapi belum membutuhkan penambahan

· Tahap II (minggu ke 2 – minggu ke 8)

Sudah dibutuhkan nutrisi karena pada tahap ini sudah terbentuk jaringan-jaringan dan organ-organ tubuh janin

· Tahap III (minggu ke 8 – lahir)

Untuk persiapan persalinan, laktasi dan kesempurnaan janin

B. ISTIRAHAT

Istirahat bagi ibu hamil untuk meringankan urat syaraf atau mengurangi aktivitas otot.

Kegunaan istirahat adalah :

· *Untuk melepaskan lelah

· *Memberikan kesempatan pada tubuh untuk membentuk kegiatan baru

· *Menambah kesegaran untuk melakukan pekerjaan

Wanita hamil butuh istirahat yang cukup, wanita hamil dianjurkan untuk tidur siang karena udara panas mudah membuat merasa lebih baikan bila cukup banyak istirahat.

Releksasi tubuh yang sempurna mengatasi ketegangan fisik dan psikis selama hamil terutama pada saat melahirkan. Releksasi sangat berguna juga bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Agar ibu hamil dapat melakukan istirahat yang benar, maka ia perlu mengetahui bagaimana cara penyegaran tubuh dan sehat yaitu : pertama angkat tangan, kemudian turunkan, sekali lagi angkat kemudian tarik nafas dan hembuskan, lakukan dengan santai.

Cara tidur yang nyaman

Pertama-tama ibu hamil duduk perlahan, topanglah tubuh dengan tangan kanan. Kemudian sedikit miringkan badan ke kanan, tangan kiri menyilang ikut menopang tubuh ibu perlahan-lahan, kemudian ibu hamil bisa tidur dengan telentang.

Begitu juga saat bangun, terlebuh dahulu miringkan tubuh ke kanan, topanglah tubuh dengan tangan kanan. Bangunlah perlahan-lahan dan kemydian ibu hamil bisa duduk kembali. Kalau perut ibu semakin besar akan sulit untuk tidur dengan posisi telentang maupun sebaliknya. Untuk itu ibu merasa tidur dengan posisi miring ke kiri.

C. KEBUTUHAN PAKAIAN

Ibu hamil sebaiknya mengenakan pakaian yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

· Nyaman : pakaian sebaiknya tidak ada penekanan-penekanan pada bagian tertentu sehingga ibu tidak dapat bebas bergerak

· Longgar : bukan berarti pakai baju yang terlalu besar, tapi yang dapat bergerak bebas

· Tidak tebal : pakaian tebal akan menimbulkan rasa panas dan keluarnya keringat sehingga tidak bebas bergerak

· Menarik : enak dipandang mata

· Menyerap keringat : karena pada ibu hamil banyak keringat, maka dianjurkan memakai pakaian yang menyerap keringat. Disini ditekankan pada bahan dasarnya.

D. IMUNISASI

Pada masa kehamilan ibu hamil diharuskan melakukan imunisasi tetanus toksoid (TT). Gunanya pada antenatal dapat menurunkan kemungkinan kematian bayi karena tetanus. Ia juga dapat mencegah kematian ibu yang disebabkan oleh tetanus.

Menurut WHO seorang ibu tidak pernah diberikan imunisasi tetanus, sedikitnya 2x injeksi selama kehamilan ( I pada saat kunjungan antenatal I dan II pada 2 minggu kemudian )

Jadwal pemberian suntikan tetanus adalah :

· TT 1 selama kunjungan antenatal I

· TT 2 → 4 minggu setelah TT 1

· TT 3 → 6 minggu setelah TT 2

· TT 4 → 1 tahun setelah TT 3

· TT 5 → 1 tahun setelah TT 4

Karena imunisasi ini sangat penting, maka setiap ibu hamil hendaknya mengetahui dan mendapat informasi yang benar tentang imunisasi TT. Petugas kesehatan harus berusaha program ini terlaksana maksimal dan cepat.

E. SENAM HAMIL

Senam hamil bukan merupakan keharusan, namun dengan melakukan senam hamil akan memberikan banyak manfaat dalam membantu kelancaran proses persalina, antara lain dapat melatih cara mengedan yang benar. Kesiapan ini merupakan bakal bagi calon ibu pada saat persalinan.

Tujuan senam hamil adalah :

* Memberikan dorongan serta melatih jasmani dan rohani ibu secara bertahap agar ibu dapat menghadapi persalinan dengan tenang, sehingga proses persalinan dapat berjalan lancar dan mudah,Membimbing wanita menuju suatu persalinan yang fisiologis,Melonggarkan persendian yang berhubungan dengan proses persalinan,Cara memperoleh kontraksi dan relokasi yang sempurna,Menguasai teknik-teknik pernapasan dalam persalinan,Dapat mengatur diri pada ketenangan

Manfaat senam hamil secara teratur :

· Memperbaiki sirkulasi darah

· Mengurangi pembengkakan

· Memperbaiki keseimbangan otot

· Mengurangi kram / kejang pada kaki

· Menguatkan otot-otot perut

· Mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan

Syarat-syarat mengikuti senam hamil :

v Pemeriksaan kesehatan dan kehamilan oleh dokter / bidan

v Lakukan latihan setelah kehamilan 22 minggu

v Lakukan latihan secara teratur dan disiplin

Gerakan senam hamil ada 3 tahap :

§ Kunjungan I ada 4 tahap

§ Kunjungan II ada 7 tahap

§ Kunjungan III gabungan kedua tahap tersebut

Gerakan senam hamil pada kunjungan pertama :

1. Senam untuk kaki

Ø Dududk di kursi dengan kaki dirapatkan dan telapak kaki ditaruh di lantai

Ø Mengangkat jari-jari kaki secara perlahan lalu diturunkan, berguna untuk memperkuat otot panggul dan punggung sehingga dapat menopang tubuh ibu yang semakin besar

2. Duduk di kursi, silangkan kaki kanan diatas kaki kiri

Ø Gerakkan ujung kaki perlahan-lahan ke atas dan turunkan, berguna untuk otot pinggang dan panggul

3. Senam duduk bersila

Ø Duduk bersila

Ø Letakkan kedua telapak tangan di atas lutut

Ø Tekan lutut ke bawah perlahan-lahan, berguna untuk mengurangi kram kaki karena duduk terlalu lama

4. Cara tidur yang nyaman

Ø Berbaring miring ke kiri dengan kaki ditekuk

Gerakan senam hamil pada kunjungan ke dua :

1. Senam posisi telentang

Ø Tidurlah telentang dan tekuk lutut sedikit, jangan terlalu lebar dan arahkan telapak tangan kebawah dan berada di samping badan

Ø Angkat pinggang secara perlahan-lahan

2. Senam posisi merangkak

Ø Badan dalam posisi merangkak

Ø Sambil menarik nafas angkat punggung ke atas dengan wajah menghadap ke bawah, membentuk lingkaran sambil perlahan-lahan mengangkat wajah, hembuslah nafas. Turunkan punggung kembali perlahan

3. Senam untuk lutut

Ø Tidur telentang tekuk kaki kanan, lutut kanan digerakkan perlahan ke kanan, bergantian

4. Senam dengan kedua lutut

Ø Senam telentang dengan kedua lutut ditekuk, kedua lutut digerakkan kekiri dan kanan

5. Gerakan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Ø Tidur dengan posisi kaki ditekuk, urut perut dengan kedua tangan dari bawah perut ke payudara

6. Cara mengejan

Ø Posisi setengah duduk dan kaki direnggangkan

Ø Perlahan-lahan tarik nafas sebanyak 3x pada hitungan ke empat tarik nafas dan tahan mengejan kearah pantat dan hembuskan

7. Cara pernapasan saat melahirkan

Ø Dilakukan jika bidan mengatakan tidak usah mengejan lagi

Ø Letakkan kedua tangan di atas dada

Ø Buka mulut lebar-lebar bernapas pendek sambil mengatakan hah..hah

F. KUNJUNGAN PMERIKSAAN KEHAMILAN

Setiap wanita hamil menghadapi reaksi komplikasi yang bisa engancam jiwanya. Oleh karena itu, setiap wanita hamil memerlukan sedikitnya empat kali kunjungan selama periode antenatal :

* 1x kunjungan selama Trimester I (sebelum 14 mg)
* 1x knujungan selama Trimester II (antara mg 14-28)
* 2x kunjungan selama Trimester III (antara mg 28-36 dan sesuda mg 36)

Pada setiap kali kunjungan antenatal tersebut, perlu didapatkan informasai yang sangat penting. Tabel di bawah ini memberikan garis-garis besarnya :

Kunjugan

Waktu

Informasi Penting

TM I

Sebelum mg ke-14

Membangun hubungan saling percaya antara petugas kesehatan dengan ibu hamil

Mendeteksi masalah dan menanganinya

Melakukan tindakan pencegahan spt tetanus neonaturum, anemia kekurangan zat besi, penggunaan praktek tradisional yang merugikan

Memulai persiapan kelahiran bayi dan kesiapan untuk menghadapi komplikasi

Mendorong perilaku yang sehat (gizi, latihan dan kebersihan dan sebagainya)

TM II

Sebelum mg ke-28

Sama seperti di atas ditambah kewaspadaan khusus mangenai preeklamsia (tanya ibu tentang gejala-gejala preeklamsia, pantau tekanan darah, evaluasi oedema periksa untuk mengetahui proteinuria)

TM III

Antara mg ke 28-36

Sama seperti di atas ditambah palpasi abdominal untuk mengetahui apakah ada kehamilan ganda

TM III

Setelah mg ke-36

Sama seperti di atas, ditambah deteksi letak bayi yang tidak normal, atau kondisi lain yang memerlukan kelahiran di Rumah Sakit

Ibu hamil tersebut harus lebih sering dikunjungi jika terdapat masalah dan ia hendaknya disarankan untuk menemui petugas kesehatan bilamana ia merasakan tanda-tanda bahaya atau jika ia merasa khawatir.

2 Komentar

alhmdulillah,,,,,makasih tas artikel’a,,,,,
mudah2an mendapat pahala dr Allah SWT…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: