Kumpulan Tips Bidan Mitrus

Perubahan Kulit Saat Hamil

Saat hamil kita akan menemukan banyak perubahan-perubahan pada kulit wanita. Yang paling mudah dan gampang dilihat adalah adanya garis2 pink, merah, atau kehitaman pada dinding perut yang dinamakan Stretch Mark. Tidak semua wanita hamil mengalami perubahan yang sama. Berikut ini merupakan perubahan2 kulit yang sering ditemukan saat hamil.

Stretch marks merupakan perubahan kulit yang paling TOP dibicarakan. Hampir 90% wanita hamil akan mengalaminya. Pada wanita berkulit putih warnanya pink atau kemerahan, sedangkan yang kulitnya gelap akan berwarna coklat atau kehitaman> Terdapat pada perut dan atau payudara.
Olah raga dan memakai losion yang mengandung vitamin E dan Asam alfa hidroksi dikatakan bisa membantu mencegah stretch marks. Cara2 ini memang belum sepenuhnya terbukti secara medis, namun tidak salahnya untuk dicoba. Stretch marks akan berkurang intensitasnya setelah bayi lahir, dan sayangnya tidak bisa hilang total (jadi kenang2an hamil, wanita yang pernah melahirkan gak bisa ngaku gadis lagi he he he).

Topeng” Hamil
Merupakan perubahan warna kulit di sekitar wajah yang seolah2 membentuk topeng, dikenal dengan istilah medisnya chloasma atau melasma. Timbulnya sering di sekitar dahi dan pipi. Proses ini akibat peningkatan pigmentasi (pewarnaan) pada kulit yang disebabkan aktifitas hormon kehamilan. Sekitar 50% wanita hamil akan mengalaminya.
Untuk mencegah/mengurangi timbulnya dianjurkan untuk memakai tabir surya (sunscreen)jika akan bepergian keluar rumah. Memakai topi yang melindungi muka juga dianjurkan. Pada kulit yang sensitif, topeng ini bisa semakin jelas.

Wajah berseri-seri/semakin bersih.
Saat hamil tubuh menghasilkan 50% lebih banyak darah yang notabene juga akan meningkatkan darah yang beredar. peredaran darah yang meningkat ini akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih terang (berseri). Disamping itu juga, sejumlah hormon dihasilkan mengakibatkan kelenjar di muka menghasilkan lemak lebih banyak yang mengakibatkan wajah jadi berkilat.
Untuk minyak di wajah tentu saja bisa dibersihkan dengan pembersih wajah. Sisanya/selebihnya jangan lakukan apapun selain: smile! smile! and smile!…

MAKANYA IBU HAMIL TU JANGAN CEMBERUT, COZ BANYAK CENYUM ITU LEBIH BAEK

Banyak Jerawat
Jika sebelum hamil jerawat sudah ada, maka saat hamil jerawat akan semakin subur. Hormon kehamilan akan menyebabkan kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak, yang akan membuat jerawat membesar. Lakukan pembersihan secara teratur, dengan sabun pembersih wajah. pagi dan sore hari. Jauhi obat2 jerawat yang tidak direkomendasikan buat wanita hamil.

Varises
Varises adalah penonjolan pembuluh darah vena yang biasanya muncul pada kaki saat hamil. Ini terjadi karena tubuh wanita hamil harus mengkompensasi darah ekstra. Varises bisa berasa tidak nyaman dan kadang-kadang nyeri. Untungnya ada langkah-langkah pencegahannya yaitu: hindari berdiri dalam waktu yang lama, berjalan sebanyak mungkin agar darah segera kembali ke jantung, tinggikan/naikkan kaki saat duduk, hindari duduk yang lama, memakai kaus kai khusus (supporting stocking), konsumsi vit C dengan cukup (membuat pembuluh vena sehat dan elastis), dan hindari penambahan berat badan yang berlebihan.

Spider nevi
(= tahi lalat laba2), adalah pembuluh darah kecil yang bercabang-cabang ke arah radier. Biasanya muncul di sekitar leher, wajah, dada bagian atas dan lengan. Tidak menimbulkan nyeri dan segera hilang setelah melahirkan.
Tingkatkan konsumsi vitamin C dan jangan menyilang kaki bisa mencegah timbulnya spider nevi. Jika tidak berkurang setelah hamil, dapat dihilangkan dengan terapi laser.

Linea Nigra
Linea nigra adalah garis hitam di bagian tengah perut di bagian bawah pusar sampai ke daerah kemaluan bagian atas. Penyebabnya diduga pengaruh hormon kehamilan. Mulai tampak jelas pada usia kehamilan 4 atau 5 minggu. Tidak bisa dicegah atau dikurangi. Akan mengabur setelah kelahiran.

Menghitamnya beberapa area seperti tahi lalat, area puting susu serta daerah bibir kemaluan sering ditemukan. Juga akibat pengaruh hormon kehamilan. Tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Nyeri Sekitar Pinggang Saat Hamil

Selama kehamilan tubuh memproduksi hormon yang disebut relaksin, yang berfungsi untuk melembutkan ligamen (keras dan merupakan jaringan yang menghubungkan tulang yang ada di panggul dan sendi lain), sehingga saat persalinan panggul menjadi fleksibel dan bayi bisa melaluinya dengan aman. Namun sebaliknya karena sifatnya melembutkan tersebut ditambah banyaknya tekanan pada sendi maka akan menimbulkan nyeri pada tulang-tulang panggul dan pubis (tulang kemaluan).

Saat berbaring, berdiri atau berjalan, panggul berada dalam kondisi dan posisi yang stabil. Wanita hamil yang menderita nyeri panggul diduga melakukan semua kegiatan-kegiatan ini dengan kurang stabil. Sehingga menimbulkan nyeri dan bahkan pembengkakan.

Sakit di bagian belakang panggul dikenal sebagai PGP (Pelvis Girdle Pain). Sedangkan jika rasa sakitnya di sekitar tulang kemaluan dikenal dengan istilah SPD (=Simfisis pubis dysfunction).

Nyeri pada PGP sering hanya pada satu sisi saja. Dan bisa saja nyerinya berpindah ke sisi satunya dan disertai dengan nyeri punggung atau nyeri di bagian depan panggul.

Nyeri ini bisa menjalar ke arah bokong serta bagian belakang kaki serta pinggul. Satu atau kedua kaki bisa terasa lemah dan mungkin kakai tidak dapat diangkat, terutama ketika berbaring.

Nyeri ini biasanya di perparah oleh posisi berbaring telentang, berubah2 posisi di tempat tidur, berjalan dan berdiri. Sering bertambah nyerinya pada malam hari dan intensitasnya berbanding lurus dengan banyaknya aktifitas di siang hari. PGP mulai bisa terjadi pada awal trimester pertama atau beberapa hari terakhir menjelang melahirkan dan bisa berulang pada kehamilan berikutnya.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

  • Berhati-hati selama aktifitas sehari-hari. Ahli fisioterapi dapat menunjukkan bagaimana posisi panggul saat berjalan atau berdiri.
  • Gerakan2 senam terutama untuk perut dan dasar panggul, akan meningkatkan stabilitas pinggul dan punggung.
  • Fisioterapi pinggul, punggung atau panggul untuk melonggarkan daerah yang kaku.
  • Akupunktur dapat membantu (harus yang berpengalaman dalam memperlakukan wanita hamil ).

PGP jarang menimbulkan masalah pada persalinan. Jika memungkinkan, hindari berbaring telentang saat melahirkan, posisi tegak atau berlutut dapat melindungi sendi panggul dan terasa lebih nyaman. Jika harus duduk di tempat tidur selama persalinan, maka duduklah setegak mungkin . Pada berapa kasus, PGP dapat bertahan lama setelah lahir.

Tips:

  1. Hindari berbaring telentang atau duduk merosot, terutama dengan kaki lurus. Jika harus berbaring telentang, mala letakkan gulungan handuk di bawah punggung, setinggi pinggang untuk mendukung punggung dan tekuklah lutut.
  2. Bila berjalan, lengkungkan punggung dan ayunkan tangan.
  3. Melakukan gerakan-gerakan senam untuk dasar panggul secara teratur sehingga dapat membantu memperkuat sendi pinggul.
  4. Hindari mengangkat atau mendorong sesuatu yang berat.
  5. Istirahat yang cukup.
  6. Kadang-kadang tidur di permukaan yang lebih lembut dapat membantu.
  7. Ketika berpakaian, menarik celana (dalam dan panjang) lakukan dalam posisi duduk.

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Lifestyle » Fit and Beauty » Pil KB Pria Tidak Berefek Samping
Pil KB Pria Tidak Berefek Samping
Senin, 6 Juni 2011 – 18:23 wib
Fitri Yulianti – Okezone

(Foto: gettyimages)

PENELITI mengklaim, pria bisa segera memiliki alternatif pil kontrasepsi yang tidak berefek samping. Peneliti telah mengembangkan obat yang secara temporer bisa menghentikan produksi sperma tanpa menimbulkan kerusakan jangka panjang terhadap kesuburan pria.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mencoba untuk meneliti pil KB pria, tapi dengan keberhasilan yang terbatas. Sebagian besar obat yang dikembangkan bukanlah pil dan banyak mengandung steroid yang berefek samping, termasuk penyakit jantung dan impotensi.

Namun tidak seperti penemuan sebelumnya, pil KB pria yang baru ini tidak mengandung steroid dan belum terbukti memiliki efek samping. Sejauh ini, pil KB hanya diuji pada tikus. Para ilmuwan berharap dapat melakukan penelitian jangka panjang pada manusia dalam beberapa tahun.

Pil yang dikembangkan oleh para peneliti di Columbia University di New York ini merusak kemampuan tubuh pria untuk menggunakan vitamin A, yang sangat penting dalam proses produksi sperma.

Walaupun vitamin A juga penting untuk penglihatan, para peneliti obat mengatakan pil KB tidak akan memengaruhi penglihatan. Mereka juga mengklaim seorang pria akan mulai memproduksi sperma lagi segera setelah ia berhenti minum pil.

Sejauh ini tes pada tikus menunjukkan pil yang efektif, dengan tanpa hasil negatif. Karena masih dalam tahap awal pengembangan, para penemu tidak tahu seberapa sering pria harus mengonsumsi pil, tapi kemungkinan sekali sehari, seperti pil KB konvensional bagi wanita.

Sebenarnya, para ilmuwan dapat mengembangkan versi pil KB yang lebih kuat yang dapat dilepaskan ke tubuh secara bertahap dan hanya perlu dikonsumsi sepekan sekali.

“Kami melihat tidak ada efek samping sejauh ini dan tikus penelitian kami sudah kawin (setelah pengujian), cukup bahagia,” kata Dr Debra Wolgemuth dari pusat medis Columbia University, seperti disitat Dailymail, Senin (6/6/2011).

Dia mengatakan, keuntungan utama pil KB pria yang sedang dikembangkan adalah tidak memengaruhi kadar testosteron hormon seks. Seperti diketahui, berubahnya kadar testosteron dikaitkan dengan perubahan dalam kadar kolesterol, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini juga dapat memengaruhi gairah seks pria dan menyebabkan penambahan berat badan.

“Sebuah keuntungan tambahan dari senyawa kami adalah, ini dapat dikonsumsi secara oral sebagai pil, bukan dengan proses injeksi,” ujar Dr Wendy Chung, salah seorang peneliti yang terlibat.

“Ini juga memiliki efek yang sangat cepat pada produksi sperma dan pemulihan, bahkan lebih cepat ketika kesuburan adalah sesuatu yang diinginkan. Kami berharap bahwa dalam waktu tidak terlalu jauh, akhirnya kami bisa memiliki lebih banyak pilihan bagi pria,” imbuhnya.

Para ahli percaya bahwa versi pil KB pria akan memberikan lebih banyak pilihan dan tanggung jawab lebih pada pria daripada wanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: